- Home >
- Pembuatan Aplikasi Perpustakaan Menggunakan VB 2010
Posted by : Unknown
Monday, April 4, 2016
UNIVERSITAS GUNADARMA
Perancangan Aplikasi Perpustakaan
Menggunakan Microsoft Visual Basic 2010
1.
Aditya
Dwi Nugraha 30114293
2.
Ifan
Efendi 35114091
3.
Mohammad
Errick P. 36114781
4.
Muhammad
Setyawan
5.
Rafli
Fajrin 38114752
Program Diploma
Tiga Manajemen Informatika
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT
yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami
berhasil menyusun tugas mata kuliah Aplikasi ManajemenPerkantoran D yaitu yang
berjudul “membuat program aplikasi perpustakaan
Menggunakan aplikasi visual basic 2010 ”. Tugas ini dibuat sebagai
syarat tugas sebelum menjelng ujian akhir semesterpada matakuliah Aplikasi
manajemen perkantoran D di semester 2. untuk dapat menetapkan nilai yang akan
diberikan dalam salah satu mata kuliah Aplikasi Manajemen Perkantoran ini.
Tugas ini berisikan tentang
pendahuluan, landasan teori, perancangan dan penuntup dalam pembuatan aplikasi
program perpustakaan menggunakan visual basic 2010.
Dalam penyusunan tugas penulisan ilmiah ini
tidak lepas dari dari bantuan banyak pihak termasuk Dosen mata kuliah ini
sendiri maka pada kesempatan ini kami selaku penulis dan mahasiswa yang
mengerjakan tugas ini ingin mengucapkan banyak – banyak terima kasih pada
sumber – sumber yang kami dapatkan dari internet, sehingga penulisn dapat
dijadikan referensi dalam penulisan ilmiah lainnya.
Kami menyadari bahwa tugas proposal ini
masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak
yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan
penulisanproposal ini. Akhir kata, Saya selaku perwakilan kelompok menyampaikan
terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan
penulisan proposal ini.
Depok, 18 Juni 2015
Penulis
DAFTAR ISI
Cover
Kata Pengantar 1
Daftar Isi
2
BAB
I PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
1
1.2. Maksud
dan Tujuan
2
1.3. Metode
penelitian
2
1.4. Ruang
Lingkup
2
BAB
II PEMBAHASAN
2.1.
Landasan Teori 3
Pengertian Perancangan
3
HIPO (Hierarchy
Plus Input-Process-Output) 4
Diagram Alir
(Flow Chart)
5
2.2. Analisa
(Perancangan/Pembuatan) 6
A.
Rancangan Bentuk Masukan
6
B.
Rancangan Bentuk Keluaran
7
C.
Normalisasi File
8
D.
Spesifikasi File
12
E.
Pengkodean
14
F.
Diagram HIPO
16
G.
Program Flow Chart
24
BAB
III PENUTUP
3.1.
Kesimpulan 26
3.2.
Saran 26
Daftar
Pustaka
27
Lampiran
28
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Perkembangan
komputer saat ini sangatlah berperan penting diberbagai bidang usaha
terutama kemampuanya yang baik dalam
mengolah data dan informasi. Apalagi pada saaat ini, komputer amat penting
untuk memudahkan pekerjaan kita.
Di
era sekarang ini teknologi sudah sangat maju, komputer pun mempunyai peranan
yang sangat penting. Semua bidang profesi sangat membutuhkan komputer, seperti
dalam dunia perdagangan telah mengalami perubahan yang sangat besar, karena
adanya kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Akibatnya, cara hidup dan pola
fikir manusia mengalami perubahan menjadi lebih moderen sesuai dengan keadaan
sekarang ini.
System
pada perpustakaan sangat di butuhkan karna dapat mempermudah user / peminjam
maupun penjaga perpustkaan dalam mengurus buku-buku atau mencrai buku yang
ingin di pinjam.
Sesuai
dengan permasalahan diatas, maka untuk
itu penulis sangat tertarik untuk membahasnya dalam sebuah tugas yang berjudul
: “ PERANCANGAN APLIKASI PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC
2010 ”
Agar
dapat mempermudah dalam proses pengolahan data Peminjaman Buku Perpustakaan.
1.2
Maksud
dan Tujuan
Maksud
dari penulisan makalah ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai bagaimana
cara-cara penulisan makalah yang baik, disamping untuk menambah wawasan yang
lebih luas tentang bagaimana teknik merancang sebuah program yang baik.
Adapun
tujuan penulisan makalah ini, yaitu: Sebagai penyelsaian tugas Aplikasi
Manajemen Perkantoran D. Program D3 Manajemen Informatika Universitas Gunadarma
1.3
Metode
Penelitian
Guna memperoleh
data-data sebagai bahan
penyusunan tugas ini, penulis
telah mengumpulkan data yang akurat dan sesuai dengan outline yang ada, maka
penulis menggunakan beberapa metode penelitian, diantaranya yaitu:
a.
Observasi
Yaitu melakukan
kegiatan pengumpulan data
dengan melihat sejumlah
objek penelitian dari sejumlah orang dalam jangka waktu yang bersamaan.
b.
Studi Kepustakaan
Yaitu kegiatan
yang dilakukan guna
melengkapi data-data yang
diperlukan dengan mencari berbagai literatur yang ada di perpustakaan.
1.4 Ruang Lingkup
Didalam penulisan
tugas ini, penulis
membatasi masalah hanya
pada peminjaman, pengembalian dan daftar buku.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Landasan Teori
Dalam
merancang suatu program tentu saja diperlukan peralatan pendukung (tools
system). Peralatan pendukung ini sangat berguna untuk menjelaskan proses jalannya program
sehingga mudah dimengerti
oleh siapa saja
yang akan menggunakan program
yang dibuat.
A.
Pengertian
Perancangan
Pengertian
perancangan menurut Soetedjo (1991:1) adalah :
1. Merancang dalam
arsitektur berkaitan dengan
penggunaan gambar untuk mengembangkan ruang dan bentuk.
2. Perancangan
adalah aktifitas kreatif menuju sesuatu yang baru dan berguna yang tidak ada
sebelumnya.
Pengertian
perancangan menurut Ginty (1991:2)adalah
:
1. Mengubah sesuatu yang sudah ada menjadi
sesuatu yang lebih baik.
2. Perancangan
meliputi fungsi-fungsi : mengidentifikasi masalah menggunakan metode-metode dan
melakukan sintesa
3. Perancangan merupakan
proses tiga bagian
: keadaan semula,
proses transformasi, keadaan kemudian proses sintesa kondisi awal
transformasi pemecahan permasalahan usaha dan kreasi masalah yang berwujud
nyata.
B. Microsoft Visual Basic
Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkanIntegrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).
B. Microsoft Visual Basic
Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkanIntegrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).
Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat
lunak komputerberbasis grafik dengan cepat.
Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic
for Applications (VBA)
dan Visual Basic
Scripting Edition (VBScript),
mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.
Visual Basic 1.0 dikenalkan pada tahun
1991. Konsep pemrograman dengan metode drag-and-drop untuk membuat tampilan aplikasi Visual
Basic ini diadaptasi dari prototypegenerator form yang dikembangkan oleh Alan Cooper dan
perusahaannya, dengan nama Tripod.
Microsoft kemudian mengontrak Cooper dan perusahaannya untuk mengembangkan
Tripod menjadi sistem form yang dapat diprogram untuk Windows
3.0, di bawah kode nama Ruby.
C.
Adobe Photoshop
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat
lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan
foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaaniklan sehingga
dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak
pengolah gambar/foto, dan, bersamaAdobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah
diproduksi oleh Adobe Systems
BAB III
Perancangan
A.
Rancangan
Bentuk Form Aplikasi Perustakaan
Gambar 1. Tampilan Awal (Main Menu)
Gambar 2. Tampilan Form untuk list
Buku-Buku
Gambar 3.
Tampilan Form Untuk pembuatan ID peminjam
Gambar 4.
Tampilan Form untuk Peminjaman
Gambar 5.
Tampilan Fomr Pengembalian Buku
1.
Bentuk Normal Ke Satu(1NF / First
Normal Form)
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dengan
adanya sistem komputerisasi absensi karyawan penulis dapat menyimpulkan bahwa
dalam melakukan proses absensi dan pengolahan
data karyawan serta penggajian dapat meningkatkan
efektifitas dan efesiensi
dalam pekerjaan. Dalam hal ini
penulis mencoba memberikan hal-hal yang
menguntungkan dalam perancangan
program ini antara lain :
- Memudahkan
proses absensi karyawan.
- Dapat
mempercepat pembuatan laporan absensi kepada pimpinan perusahaan dan dapat
memangkas waktu dalam penulisan absen dengan sisitem manual.
- Dalam
pengolahan data dapat dilakukan secara teliti, aman dan terhindar dari
hal- hal yang tidak kita inginkan sehingga data tersebut dapat kita baca
kembali untuk melakukan perbaikan data bila kita perlukan.
3.2 Saran
Komputer
tidak akan bekerja secara maksimal apabila pemakai tidak menggunakannya dengan
baik. Untuk itu agar dapat hasil yang maksimal user atau pemakai aplikasi
absensi harus mempunyai pengetahuan tentang komputer untuk menghindari
kerusakan media penyimpanan data.
Dalam
hal ini penulis memberikan saran-saran sebagai berikut :
a. Dalam
penggunaan komputer ini sangat dibutuhkan pengetahuan, kedisiplinan, serta
ketelitian dalam mengoperasikan komputer.
b. Membuat
Back Up data untuk menghindari hilangnya data secara tiba-tiba.
c. Kerja
sama antar bagian yang terlibat agar tercipta suasana yang harmonis.
d. Pemeliharaan /
perawatan dilakukan secara
berkala terhadap hardware
dan software.
DAFTAR PUSTAKA
Ginty, Mc. 1991. Pengantar Arsitektur:
Perencanaan dan Perancangan Dalam Arsitektur. Diambil dari:
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/civil-and-
planning-engineering/study-program-of- architectural-engineering-s1.(21 Juli 2009)
Hartono, Jogianto. MBA.Ph. D. 2005.
Analisa dan Desain Sistem Informasi. Jogjakarta: Andi.
Wikipedia. “Microsoft Visual Basic”. https://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic
Wikipedia. “Adobe Photoshop”. https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Photoshop
Sugiyono.
2005. Pemrograman Terstruktur. Jakarta: Panji Gumilang Press.
Untuk Aplikasinya bisa di download di
KumpulBagi | Google Drive
artikelnya membantu saya
ReplyDeleteMy blog
ada source code gan..
ReplyDeleteada source code gan..
ReplyDeletesandinya apa gan
ReplyDeleteapakah ada source codenya?
ReplyDeletekalo untuk tanggalnya bisa otomatis atau tidak?
ReplyDelete