Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Wednesday, November 12, 2014

PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Didalam era modern yang mengarah kepada teknologi komunikasi ini sangat sulit untuk mencari lapangan kerja yang kiranya dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Peluang usaha yang semakin sempit juga merupakan salah satu faktor penyebab begitu banyaknya pengangguran. Oleh karena itu, guna mengurangi tingkat pengangguran yang semakin meningkat dari tahun ke tahun dan dengan membidik kesempatan dan peluang kerja maka tepat kiranya membuka sebuah usaha kecil dan menengah. Adapun yang saya rencanakan adalah usaha “Percetakan Digital (Digital Printing)”.

ISI BUSINESS
1.2  VISI DAN MISI
 VISI
          Menjadikan usaha yang terus berkembang dan dapat memuaskan konsumen.

  MISI
1          Membuka peluang usaha
2         Mempermudah media komunikasi dalam masyarakat
3         Melayani masyarakat
4          
2.1 IDENTIVIKASI USAHA
·      Nama Usaha       : Percetakan        
·      Pemilik Usaha   : Rafli Fajrin       
·      Alamat Usaha    : Jl.Alternatif Cibubur
·      Contac Person   : digitalprint@gmail.com

2.2 RUANG LINGKUP USAHA
Ruang lingkup usaha yang kami rintis ini masih dalam usaha kecil, tetapi usaha ini bisa sangat menjanjikan.
Tujuan Usaha :
1.    Mendapatkan penghasilan
2.    Memenuhi kebutuhan konsumen
3.    Menggali bakat dalam hal berbisnis

2.3 PLANING
            Dengan melihat situasi sekarang ini usaha yang saya buat sangat berpengaruh terhadap cara berkomunikasi modern saat ini yang sering menggunakan media digital sebagai alat penyampaiannya. Sibuknya masyarakat terhadap pekerjaannya mengakibatkan kurangnya komunikasi langsung terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga informasi yang bersifat umum jarang mereka terima. Solusinya media komunikasi dalam bentuk percetakan digital yang biasa berukuran sangat besar ditempatkan pada tempat-tempat umum agar dapat dibaca oleh khalayak ramai. Tentunya usaha ini sangat membantu mereka yang menginginkan informasi seputar kegiatan-kegiatan suatu instansi.
Dan untuk memulai usaha ini saya memilih lokasi yang sangat strategis di sekitar perkantoran yang berada di tepi jalan umum yang sering dilalui pejalan kaki dan pengendara. Jenis tempat usaha saya adalah rumah kantor berlantai dua dengan luas 10m x 20m.
2.4 ORGANIZING
            Usaha ini akan dilakukan oleh 5 orang pegawai dengan spesifikasi sebagai berikut : S1 Manajemen 1 orang, lulusan SMK dengan jurusan Administrasi 1 orang, D3 Desain Grafis 3 orang sehingga pekerjaan dapat dilakukan secara maksimal dan hasil tetap optimal.
2.5 ACTUALLY
            Usaha ini buka setiap hari dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 09.00 malam. Menerima pembuatan kartu nama, spanduk, dan lain sebagainya.
2.6 CONTROLLING
            Setiap minggu diadakan evaluasi bersama pegawai untuk membahas pengeluaran dan pemasukan serta merekondisikan alat-alat cetak agar tetap terjaga kualitas hasil yang dicetak. Tidak lupa juga untuk membersihkan unit komputer dari virus-virus yang dapat menggangu atau merusak sistem aplikasi komputer. Sharing (berbagi) kepada pegawai untuk bersama-sama memajukan usaha agar mendapat laba yang lebih dengan cara mempromosikan usaha kami.

ANALISIS USAHA
3.1 ANALISIS USAHA
Usaha kami bergerak dalam bidang Informasi karna di dunia ini tidak luput dari informasi, dan semua orang membutuhkan informasi dari berabgai sumber untuk menambah wawasan mereka.  Jadi kami sepakat untuk membuat usaha percetakan untuk menyediakan informasi bagi masyarakat
Awal di bentuknya perusahaan kami karena kami dapat melihat kebutuhan
masyarakat akan informasi yang dapat menambah wawasan .

DESKRIPSI TENTANG USAHA
4.1 JENIS USAHA
Kami membuka usaha percetakan karna dari segi daerah sangat strategi
Karna di lingkungan sekitar banyak perumahan, kantor, dan pedagang-pedagang



4.2 PROSPEK USAHA
Prospek perusahaan kami untuk jangka panjang akan memperbanyak produk kami ke wilayah yang lebih luas. Sehingga akan banyak masyarakat yang mengetahui produk yang kami hasilkan.

4.3 BAHAN BAKU DAN PENGUNAANNYA
Bahan-bahan untuk usaha percetakan (Digital Printing)                          :
Ø  Mesin Cetak Canon Digital 5m
Ø  Computer
Ø  Mesin kasir
Ø  Cutter
Ø  Kertas background
Ø  Kertas A4
Ø  Kertas F4
Ø  Tinta warna & tinta hitam

RENCANA PERMODALAN
Modal Jangka Panjang

NAMA
BANYAK/LAMA PAKAI
HARGA
Mesin Cetak Canon Digital 5m
2 Unit/5 Tahun
Rp 50.000.000,00
(@Rp 25.000.000,00)
Komputer
3 Unit/7 Tahun
Rp 15.000.000,00
(@Rp 5.000.000,00)
Lokasi Usaha
1 Unit/Permanen
Rp 300.000.000,00
Mesin Kasir
1 Unit/7 Tahun
Rp 2.000.000,00
Seragam Pegawai
5 Buah/2 Tahun
Rp 250.000,00
(@ Rp 50.000,00)
Cutter
2 Unit/3 Tahun
Rp 300.000,00
(@ Rp 150.000,00)


Modal Jangka Menengah
NAMA
BANYAK/LAMA PAKAI
HARGA
Tinta Warna
5 Kaleng/5 Bulan
Rp 250.000,00
(@ Rp 50.000,00)
Tinta Hitam
5 Kaleng/5 Bulan
Rp 250.000,00
(@ Rp 50.000,00)
Kertas Background 30m x 10m
3 Roll/3 Bulan
Rp 300.000,00
(@ Rp 100.000,00)
Kertas A4
1 Pack/2 Bulan
Rp 25.000,00
Kertas F4
1 Pack/2 Bulan
Rp 25.000,00
Gaji Pegawai Bulan Pertama
5 Orang/Bulan
Rp 5.000.000,00
Perawatan Mesin Cetak
2 Unit/Bulan
Rp 50.000,00

 Modal Jangka Pendek
NAMA
BANYAK/LAMA PAKAI
HARGA
Konsumsi Pegawai
5 x 2 Kali/Hari
Rp 50.000,00

Jadi modal awal untuk membangun usaha percetakan digital (digital printing) ini adalah sebesar 
Rp 373.500.000,00.
PERHITUNGAN LABA
            Target dalam 1 hari orderan 5m x 1m = 10 lembar, 10m x 2m = 10 lembar. Adapun rencana biaya jasa percetakan digital :
UKURAN
HARGA
5m x 1m
Rp 50.000,00
10m x 2m
Rp 100.000,00


Jadi dalam satu hari dapat mengumpulkan uang sebesar Rp 1.500.000,00 dan apabila dalam satu tahun diprediksikan memperoleh hasil sekitar Rp 547.500.000,00 sehingga apabila dicocokkan dengan modal usaha ini akan memiliki laba kotor sebesar Rp 174.000.000 untuk memperoleh laba bersih pertahunnya adalah
laba kotor – (modal jangka menengah + modal jangka pendek) = laba bersih
Rp 174.000.000,00 – Rp 81.350.000,00 = Rp 92.650.000,00
Jadi, hasil laba bersih yang didapat pertahunnya sebesar Rp 92.650.000,00 dengan laba bersih perbulannya sekitar Rp 7.720.800,00.

RENCANA PEMASARAN
            Untuk menjalankan usaha percetakan ini tidaklah susah, jika modal awal yang sudah dirinci tersebut telah terkumpul, maka bersiaplah membuka usaha ini. Manajemennya pun sangatlah mudah dengan peralatan komputer, mesin cetak yang telah terisi tinta, serta bahan kertas background dan pegawai yang mengoperasikan alat-alat tersebut, maka usaha ini akan berjalan.
            Untuk menarik para konsumen jasa ini saya akan menyebarkan brosur-brosur yang sangat menarik dengan penuh warna agar terlihat mewah dan elegan dimata pembacanya serta memasang plakat-plakat ditepi jalan-jalan besar yang sering dilewati oleh pejalan kaki dan pengendara kendaraan bermotor. Misalkan : simpang jalan, ditepi lapangan bola, disekitar sarana olahraga masyarakat Kutai Barat. Didalam brosur dan plakat tersebut harus terpampang kualitas dan kelebihan usaha percetakan digital yang saya buat sehingga konsumen percaya terhadap jasa yang saya tawarkan dengan kualitas diatas rata-rata. Contohnya : “Semua alat yang kami miliki adalah alat-alat buatan Jerman dengan teknologi yang canggih untuk mencetak ukuran 10m x 2m hanya dengan waktu 3 menit saja, tentunya sangat efisien dibanding mesin cetak yang lainnya”. Dengan demikian konsumen akan berdatangan secara terus menerus terhadap kami karena kami memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen jasa kami, sehingga laba yang kami dapat meningkat pesat perbulannya.

  
RESIKO DAN ANTISIPASI
9.1 RESIKO YANG MUNGKIN TERJADI DALAM USAHA
1.       Harga bahan bahan yang selalu mengalai turun dan naik
2.       Adanya persaingan dengan usaha yang sejenis
3.       Kondisi mesin yang terus menerus dipakai
9.2 ANTISIPASI YANG TERJADI DALAM USAHA
1.       Memiliki tempat langganan untuk membeli barang pokok
2.       Pengecekan dan perawatan setiap mesin
3.       Setiap hari di lakukannya  penulisan data penjualan


PENGEMBANGAN USAHA
                Untuk mengembangkan dan melestarikan usaha percetakan digital ini, maka sebagian dari laba yang saya terima akan saya tabung guna investasi untuk kedepannya sehingga usaha ini akan tetap maju serta unggul dalam persaingan bisnis menengah. Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, saya selaku pengelola akan selalu mengevaluasi kegiatan produksi agar tetap memiliki kualitas produk yang sangat baik. Dengan demikian konsumen jasa ini pun sangat puas terhadap pelayanan yang kami berikan. Dan dari laba tersebut saya bercita-cita untuk membeli 1 unit mesin cetak lagi untuk meningkatkan hasil produksi serta membuka cabang di berbagai daerah.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Manajemen Informatika - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -