Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Monday, April 4, 2016

UNIVERSITAS GUNADARMA

Perancangan Aplikasi Perpustakaan
Menggunakan Microsoft Visual Basic 2010

1.      Aditya Dwi Nugraha        30114293
2.      Ifan Efendi                       35114091
3.      Mohammad Errick P.        36114781
4.      Muhammad Setyawan     
5.      Rafli Fajrin                        38114752


  

Program Diploma Tiga Manajemen Informatika
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014/2015




KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyusun tugas mata kuliah Aplikasi ManajemenPerkantoran D yaitu yang berjudul “membuat program aplikasi perpustakaan  Menggunakan aplikasi visual basic 2010 ”. Tugas ini dibuat sebagai syarat tugas sebelum menjelng ujian akhir semesterpada matakuliah Aplikasi manajemen perkantoran D di semester 2. untuk dapat menetapkan nilai yang akan diberikan dalam salah satu mata kuliah Aplikasi Manajemen Perkantoran ini.
Tugas  ini berisikan tentang pendahuluan, landasan teori, perancangan dan penuntup dalam pembuatan aplikasi program perpustakaan menggunakan visual basic 2010.
Dalam penyusunan tugas penulisan ilmiah ini tidak lepas dari dari bantuan banyak pihak termasuk Dosen mata kuliah ini sendiri maka pada kesempatan ini kami selaku penulis dan mahasiswa yang mengerjakan tugas ini  ingin mengucapkan banyak – banyak terima kasih pada sumber – sumber yang kami dapatkan dari internet, sehingga penulisn dapat dijadikan referensi dalam penulisan ilmiah lainnya.
Kami menyadari bahwa tugas proposal ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan penulisanproposal ini. Akhir kata, Saya selaku perwakilan kelompok menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu  dalam penyusunan penulisan proposal ini.



Depok, 18 Juni 2015




Penulis



DAFTAR ISI
Cover
Kata Pengantar                                                                                   1
Daftar Isi                                                                                             2
BAB I PENDAHULUAN
1.1.   Latar Belakang                                                                      1        
1.2.   Maksud dan Tujuan                                                               2
1.3.   Metode penelitian                                                                  2
1.4.   Ruang Lingkup                                                                      2
BAB II PEMBAHASAN
2.1. Landasan Teori                                                                     3
Pengertian Perancangan                                                    3
HIPO (Hierarchy Plus Input-Process-Output)                 4
Diagram Alir (Flow Chart)                                              5
2.2.  Analisa (Perancangan/Pembuatan)                                       6
A.            Rancangan Bentuk Masukan                                      6
B.            Rancangan Bentuk Keluaran                                      7
C.            Normalisasi File                                                          8
D.            Spesifikasi File                                                            12
E.             Pengkodean                                                                14
F.             Diagram HIPO                                                            16
G.            Program Flow Chart                                                   24
BAB III PENUTUP
3.1.                      Kesimpulan                                                                 26
3.2.                      Saran                                                                           26
Daftar Pustaka                                                                       27
      Lampiran                                                                                28


BAB I
PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang
Perkembangan komputer saat ini sangatlah berperan penting diberbagai bidang usaha terutama  kemampuanya yang baik dalam mengolah data dan informasi. Apalagi pada saaat ini, komputer amat penting untuk memudahkan pekerjaan kita.
Di era sekarang ini teknologi sudah sangat maju, komputer pun mempunyai peranan yang sangat penting. Semua bidang profesi sangat membutuhkan komputer, seperti dalam dunia perdagangan telah mengalami perubahan yang sangat besar, karena adanya kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Akibatnya, cara hidup dan pola fikir manusia mengalami perubahan menjadi lebih moderen sesuai dengan keadaan sekarang ini.
System pada perpustakaan sangat di butuhkan karna dapat mempermudah user / peminjam maupun penjaga perpustkaan dalam mengurus buku-buku atau mencrai buku yang ingin di pinjam.
Sesuai dengan permasalahan diatas,   maka untuk itu penulis sangat tertarik untuk membahasnya dalam sebuah tugas yang berjudul : “ PERANCANGAN APLIKASI PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 2010 ”
Agar dapat mempermudah dalam proses pengolahan data Peminjaman Buku Perpustakaan.




1.2              Maksud dan Tujuan
Maksud dari penulisan makalah ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai bagaimana cara-cara penulisan makalah yang baik, disamping untuk menambah wawasan yang lebih luas tentang bagaimana teknik merancang sebuah program yang baik.
Adapun tujuan penulisan makalah ini, yaitu: Sebagai penyelsaian tugas Aplikasi Manajemen Perkantoran D. Program D3 Manajemen Informatika Universitas Gunadarma
1.3              Metode Penelitian
Guna  memperoleh  data-data  sebagai  bahan  penyusunan  tugas ini, penulis telah mengumpulkan data yang akurat dan sesuai dengan outline yang ada, maka penulis menggunakan beberapa metode penelitian, diantaranya yaitu:
a. Observasi
Yaitu  melakukan  kegiatan  pengumpulan  data  dengan  melihat  sejumlah  objek penelitian dari sejumlah orang dalam jangka waktu yang bersamaan.
b. Studi Kepustakaan
Yaitu  kegiatan  yang  dilakukan  guna  melengkapi  data-data  yang  diperlukan dengan mencari berbagai literatur yang ada di perpustakaan.
1.4      Ruang Lingkup
Didalam  penulisan   tugas   ini,   penulis   membatasi   masalah   hanya   pada peminjaman, pengembalian dan daftar buku.




BAB II
PEMBAHASAN
2.1       Landasan Teori
Dalam merancang suatu program tentu saja diperlukan peralatan pendukung (tools system). Peralatan pendukung ini sangat berguna untuk menjelaskan proses jalannya   program   sehingga   mudah   dimengerti   oleh   siapa   saja   yang   akan menggunakan program yang dibuat.
     A.                Pengertian Perancangan
Pengertian perancangan menurut Soetedjo (1991:1) adalah :
1.         Merancang  dalam  arsitektur  berkaitan  dengan  penggunaan  gambar  untuk mengembangkan ruang dan bentuk.
2.         Perancangan adalah aktifitas kreatif menuju sesuatu yang baru dan berguna yang tidak ada sebelumnya.
Pengertian perancangan menurut Ginty  (1991:2)adalah :
1.        Mengubah sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang lebih baik.
2.         Perancangan meliputi fungsi-fungsi : mengidentifikasi masalah menggunakan metode-metode dan melakukan sintesa
3.         Perancangan   merupakan   proses   tiga   bagian   :   keadaan   semula,   proses transformasi, keadaan kemudian proses sintesa kondisi awal transformasi pemecahan permasalahan usaha dan kreasi masalah yang berwujud nyata.
B.                Microsoft Visual Basic
          Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkanIntegrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).
Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputerberbasis grafik dengan cepat.
Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.
Visual Basic 1.0 dikenalkan pada tahun 1991. Konsep pemrograman dengan metode drag-and-drop untuk membuat tampilan aplikasi Visual Basic ini diadaptasi dari prototypegenerator form yang dikembangkan oleh Alan Cooper dan perusahaannya, dengan nama Tripod. Microsoft kemudian mengontrak Cooper dan perusahaannya untuk mengembangkan Tripod menjadi sistem form yang dapat diprogram untuk Windows 3.0, di bawah kode nama Ruby.
C.                 Adobe Photoshop
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaaniklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersamaAdobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems


BAB III
Perancangan
A.           Rancangan Bentuk Form Aplikasi Perustakaan

Gambar 1. Tampilan Awal (Main Menu)

Gambar 2. Tampilan Form untuk list Buku-Buku

Gambar 3. Tampilan Form Untuk pembuatan ID peminjam





Gambar 4. Tampilan Form untuk Peminjaman

Gambar 5. Tampilan Fomr Pengembalian Buku



1.         Bentuk Normal Ke Satu(1NF / First Normal Form)





BAB III
PENUTUP
3.1     Kesimpulan
Dengan adanya sistem komputerisasi absensi karyawan penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam melakukan proses absensi dan pengolahan  data  karyawan serta penggajian dapat  meningkatkan  efektifitas  dan  efesiensi  dalam  pekerjaan. Dalam hal ini penulis mencoba  memberikan  hal-hal yang  menguntungkan  dalam perancangan program ini antara lain :
  1. Memudahkan proses absensi karyawan.
  2. Dapat mempercepat pembuatan laporan absensi kepada pimpinan perusahaan dan dapat memangkas waktu dalam penulisan absen dengan sisitem manual.
  3. Dalam pengolahan data dapat dilakukan secara teliti, aman dan terhindar dari hal- hal yang tidak kita inginkan sehingga data tersebut dapat kita baca kembali untuk melakukan perbaikan data bila kita perlukan.
3.2      Saran
Komputer tidak akan bekerja secara maksimal apabila pemakai tidak menggunakannya dengan baik. Untuk itu agar dapat hasil yang maksimal user atau pemakai aplikasi absensi harus mempunyai pengetahuan tentang komputer untuk menghindari kerusakan media penyimpanan data.
Dalam hal ini penulis memberikan saran-saran sebagai berikut :
a.       Dalam penggunaan komputer ini sangat dibutuhkan pengetahuan, kedisiplinan, serta ketelitian dalam mengoperasikan komputer.
b.       Membuat Back Up data untuk menghindari hilangnya data secara tiba-tiba.
c.       Kerja sama antar bagian yang terlibat agar tercipta suasana yang harmonis.
d.      Pemeliharaan  /  perawatan  dilakukan  secara  berkala  terhadap  hardware  dan software.


DAFTAR PUSTAKA
Ginty, Mc. 1991. Pengantar Arsitektur: Perencanaan dan Perancangan Dalam Arsitektur. Diambil dari: http://ocw.gunadarma.ac.id/course/civil-and- planning-engineering/study-program-of- architectural-engineering-s1.(21 Juli 2009)
Hartono, Jogianto. MBA.Ph. D. 2005. Analisa  dan  Desain Sistem Informasi. Jogjakarta: Andi.
Wikipedia. “Microsoft Visual Basic”. https://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic
Wikipedia. “Adobe Photoshop”. https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Photoshop
Sugiyono. 2005. Pemrograman Terstruktur. Jakarta: Panji Gumilang Press.

 Untuk Aplikasinya bisa di download di 
KumpulBagi  |   Google Drive

{ 6 comments... read them below or Comment }

- Copyright © Manajemen Informatika - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -