Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Monday, April 4, 2016



Tugas 3 Sistem Informasi Manajemen
Nama Kelompok : M.Setyawan (37114546)
                               Rafli Fajrin (38114752)
Membuat ulasan mengenai perbandingan antara 2 situs e-commerce sejenis.
Kami memilih perbandingan antara situs jual-beli olx.co.id dengan bukalapak.com
1. Olx.co.id
    OLX Indonesia (sebelumnya bernama tokobagus.com dan berniaga.com) adalah sebuah situs web iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa secara online. Situs web ini hadir pada tahun 2005 dengan nama tokobagus.com dan merupakan pusat jual beli online terbesar di Indonesia yang dikunjungi oleh lebih dari 100.000 pengunjung setiap harinya. Bagi orang yang mau membeli ataupun menjual barang di olx.co.id sangat mudah, cepat dan praktis. Hal ini memberikan kepuasan kepada konsumen pengguna situs ini.

Kelebihan olx.co.id
· Untuk tampilan situsnya sendiri olx.co.id lebih simple, praktis, dan tidak memakan waktu yang lama untuk membuka halaman web tersebut.
· Pada situs olx.co.id pengguna tidak harus terdaftar untuk menggunakan layanan pemasangan iklan yang tersedia di olx. Hal ini memudahkan semua orang yang masih baru terhadap dunia internet dapat menggunakannya tanpa harus di persulit.
· Fitur fitur nya sendiri sangat mudah untuk di pahami dan terdapat kategori-kategori yang mempermudah pengguna untuk mencari barang-barang yang ingin mereka beli di situs tersebut.
· Situs olx juga sudah menerapkan aplikasi khusus untuk pengguna smartphone yang mempermudah pembelian maupun penjualan menggunakan smartphone yang sudah mengunduh aplikasi tersebut.
Tetapi situs olx sendiri juga mempunyai beberapa kelemahan seperti :
· Karena tidak harus terdaftar untuk menggunakan fitur pemansangan iklan secara gratis hal ini menyebabkan terjadinya penipuan karena tidak ada jaminan bahwa penjual memberikan nama, alamat, atau nomor telepon aslinya.
· Selain itu olx sendiri tidak menjamin akan keamanannya saat pembelian karena pembayaran dilangsungkan kepada penjual bukan situ olx itu sendiri.
· Tidak adanya fitur komentar dalam iklan yang dipasang. Walaupun penjual dapat meninggalkan nomor telepon atau pun pin bbm tetapi hal ini juga sangat penting untuk beberapa pengguna agar bias menanyakan hal hal mengenai penjualan di web tersebut.
· Dalam transaksi situs olx.com memerlukan nomor handphone untuk memesan ataupun menanyakan sesuatu tentang barang yang akan di beli.

2. Bukalapak.com
    Bukalapak.com adalah website yang menjual berbagai macam barang sama seperti olx.com yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Tidak jauh beda dengan olx.co.id situs ini menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak.
Kelebihan Bukalapak.com
· Untuk tampilan lebih menarik dibandingkan olx dan terdapat fitur fitur yang lebih lengkap dibandingkan olx. Diawal tampilan kita disuguhkan iklan-iklan yang sedang promo atau discount.
· System pembayaran di situs ini menggunakan rekber atau pihak ketiga dimana pihak ketiga adalah situs bukalapak itu sendiri. Pembeli tidak langsung berhubungan dengan penjual melainkan dengan bukalapak.com itu sendiri. Pembeli mentransfer uang ke rekening bukalapak lalu bukalapak mengkonfirmasi ke pada penjual untuk mengirimkan barang, setelah barang sampai maka dana dari rekening bukalapak akan diteruskan kepada penjual.
· Keamanan terjamin karena situs bukalapak sendiri yang akan menjamin transaksi antara penjual dengan pembeli.
· Sama halnya dengan situs olx, situs bukalapak tidak harus memiliki atau mendaftarkan akun untuk membeli ataupun menjual
· pembeli tidak perlu memberikan nomor handphone kepada pembeli, dengan membuka website      bukalapak.com pembeli dapat membeli barang yang diinginkan.
· bukalapak.com mempunyai sistem perhitungan ongkos kirim otomatis.

Walaupun situs bukalapak mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan olx tetapi situs ini tidak luput dari kekurangannya diantara lain yaitu :
· Karena tampilan awal yang menyuguhkan promo-promo dan item terbaru membuat pembukaan situs ini menjadi lebih lama di bandingkan dengan olx.
· Saat ini belum ada aplikasi yang mempermudah pembeli ataupun penjual di smartphone.






















Kesimpulan


Situs bukalapak.com lebih menarik dibanding kan olx.co.id karena system pembayarannya yang menggunakan rekber. Dan keamanan yang dijamin oleh bukalapak.com hal ini membuat pembeli maupun penjual memilik kepercayaan untuk membeli ataupun menjual di situs online tersebut.


olx.co.id pun juga mempunyai keunggulan situsnya yang mudah untuk dibuka dan cepat. Kesimpulannya masing-masing situs e-Commerce memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tergantung user untuk memilih sesuai keinginan mereka.




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Manajemen Informatika - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -